Inovasi Paling Berpengaruh

Seperti judulnya, kali ini saya akan memandang sudut inovasi yang paling berpengaruh, bagi saya paling tidak. Untuk mencakup lebih, saya akan melihat tidak hanya pada satu inovasi, tetapi 3 inovasi. 3 inovasi ini akan saya urutkan dari yang paling berpengaruh.

1. Listrik
Sebenarnya penemuan listrik masih kontroversial. Siapa sebenarnya yang pertama kali menemukan listrik. Menurut saya listrik sebenarnya tidak ada penemu pertamanya, karena petir juga merupakan bentuk dari listrik. Hanya memang banyak tokoh yang berhasil menjadikan listrik menjadi sistem yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Otto von Guericke, Benjamin Franklin, Thomas Alva Edison, Alessandro Volta, Michael Faraday, Nikola Tesla, Heinrich Hertz adalah beberapa dari banyak ilmuwan yang sangat berjasa dalam evolusi pelistrikan. Bayangkan jika tidak ada sistem pelistrikan hingga sekarang. Hampir semua kemajuan teknologi hingga saat ini didasari oleh listrik. Hampir semua kegiatan manusia didaya-i oleh listrik. Saat “mati lampu”, kegiatan manusia bisa berkurang hingga 80%. Dan bagi beberapa industri, berapa banyak kerugian yang tidak bisa diminta pertanggung-jawaban ke perusahaan listrik. Maka dari itu, menurut saya pelistrikan adalah Inovasi yang paling berpengaruh bagi saya dan kehidupan manusia.

2. Sistem Radio
Sistem Radio disini termasuk gelombang, elektromagnetik, frekuensi, sinyal, dan sebagainya. Inovasi Sistem Radio menurut saya merupakan Inovasi yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia setelah listrik. Dengan ditemukannya sistem radio, penyebaran informasi menjadi semakin efisien dan efektif. Sebelum adanya sistem radio, orang mengirim informasi menggunakan surat yang dipercayakan kepada pengirimnya. Butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerima informasi. Atau untuk penyebaran informasi menggunakan poster, yang juga masih banyak digunakan saat ini. Namun setelah ada – paling tidak – radio, informasi massal dapat didengar dari tempat yang jauh. Begitu juga televisi. Kemudian berkembang menjadi telepon selular hingga sistem wireless. Dengan adanya sistem radio, pemerataan informasi menjadi lebih luas. Dengan itu, dunia mulai merata. “The World Is Going To Flat”

3. Jaringan Internet
Apa yang tidak bisa didapat dari Internet? Memang jika tidak ada internet, manusia masih bisa mendapatkan informasi dengan cara lain. Tetapi usaha yang dilakukan sering kali tidak sepadan dengan apa yang didapat. Untuk mencari tahu tentang siapa penjelajah penemu Machu-Pichu di Peru, harus pergi ke perpustakaan atau toko buku, mencari bukunya, mungkin sebelum mencari bukunya berdoa terlebih dahulu agar bukunya tersedia, baru kemudian didapat satu nama penjelajah tersebut. Dengan internet, tinggal memasukkan kata kunci dalam search engine, enter. Lihat sejauh mana internet memangkas usaha tidak sepadan. Internet mempermudah dan mempercepat dalam menyebarkan informasi dan mencari informasi. Dan selain itu, Internet juga memicu kreatifitas karena tersedia banyak referensi dan situs yang dapat mengapresiasi beragam karya. Dengan adanya internet, dunia menjadi rata. orang yang tinggal di Amerika dengan orang yang tinggal di Papua Nugini bisa mengetahui informasi yang sama di waktu yang sama. Dengan begitu tingkat pengetahuannya bisa setara. “The World Is Flat”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: