Ragam Transportasi Mutakhir

Transportasi adalah perpindahan dari satu titik ke titik lain. Dengan itu sudah pasti “alat transportasi” adalah alat yang membawa manusia atau benda dari satu tempat ke tempat lain.
Dari segi kreatifitas dan inovasi, artikel saya kali ini bukan ingin membahas tentang apa itu alat transportasi, tapi lebih ke mengulas sudut pandang lain dari sebuah alat transportasi. Mungkin saya akan mencoba meng-kelas-kan alat-alat tersebut dengan kata- kata “ter-“.

Alat transportasi ter-pertama-kali manusia gunakan
Lengan orang tua

Saat manusia masih bayi, terutama saat-saat baru dilahirkan, bayi dipindahkan dengan cara digendong oleh orang tua.

Alat transportasi ter-menyenangkan
Perosotan

Perosotan adalah media bermain anak-anak. Alat ini dapat memindahkan seorang anak dari ketinggian tertentu ke daratan dengan aman. Hal ini yang menyebabkan alat ini sangat digemari oleh anak- anak hingga tidak jarang sering kali mereka rebutan untuk menaiki sebuah perosotan.

Alat transportasi ter-cepat
Internet
Menurut saya internet dapat dikatakan alat transportasi tercepat saat ini, karena jaringannya dapat memindahkan banyak informasi bahkan ke tempat paling jauh di dunia, dengan waktu tempuh hanya beberapa detik. Bahkan ada salah satu tv commercial Google Chrome yang menyampaikan pesan tentang cepatnya sebuah koneksi internet dengan cara yang unik: http://www.youtube.com/watch?v=nCgQDjiotG0.

Alat transportasi ter-kecil
Sel darah merah

Dengan ukuran yang sangat kecil, sel darah merah dapat mengikat banyak unsur, salah satunya oksigen untuk dibawa ke seluruh tubuh manusia.

Alat transportasi ter-mutakhir
Nasa X-15 experimental rocket-powered air force

Pesawat ini adalah pesawat dengan tenaga roket buatan NASA. Saat ini X-15 dianggap sebagai pesawat ber-awak tercepat di dunia. Namun saya menganggap X-15 sebagai alat transportasi ter-mutakhir. Mengapa? Karena pesawat ini dapat dengan cepat melawan waktu. Dengan kecepatan 7274 km/h, pesawat ini dapat menempuh Jakarta-Riyadh, Arab Saudi dalam waktu 1 jam. Namun perbedaan waktu antara Jakarta – Riyadh adalah 4 jam. Jadi ketika kita take-off dari Jakarta pukul 09.00 WIB, kita akan mendarat di Riyadh pukul 10.00 WIB, namun saat kita turun dari X-15 kita akan melihat matahari baru akan terbit, seperti 4 jam yang lalu di Jakarta, karena saat itu di Riyadh baru menunjukkan pukul 06.00 waktu setempat. Seperti dapat memundurkan waktu, namun, belum tentu dapat memundurkan usia.

Alat transportasi ter-simple, namun ter-besar juga ter-tua.
Tanah yang kita pijak
Ya, tanpa disadari tanah yang sekarang kita pijak sedang menghantarkan kita ke jarak 6 cm dari titik setahun lalu. Teori ini disebut sebagai teori Pangea.

Alfred Wegener, Ilmuan asal Jerman berpendapat bahwa 225 juta tahun yang lalu, bumi hanya terdiri atas satu daratan luas dan lautan. Daratan ini disebut benua Pangea. Kemudian, masih belum dipastikan mengapa, lempengan-lempengan daratan ini pun ter pisah dan terus bergerak. Ada yang saling menjauhi, dan ada juga yang bertubrukan hingga menjadi 5 benua yang diketahui saat ini. Lempengan- lempengan ini masih terus bergerak hingga, menurut Wegener, akan bertemu lagi menjadi satu daratan.

Sekian dulu ulasan- ulasan tentang ragam transportasi di luar imajinasi. Tidak disangka, namun nyata. Sudut pandang berbeda tentang alat transportasi.

Muhammad Pittrawan Saputtra
23 Oktober 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: