E-Market

Adalah sebuah trobosan baru dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi dalam jangka waktu tertentu. Namun sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan seperti sabun, sampo, pasta gigi, makanan ringan, detergent, dan sebagainya hanya bisa didapat di pasar atau toko serba ada. Pembeli harus beranjak dari rumahnya dan pergi ke toko untuk mendapatkan list kebutuhannya. Bagaimana jika kesibukan menghalangi kegiatan rutin tersebut? Bagaimana Jika di toko langganan ternyata tidak tersedia barang yang diinginkan? E-Market hadir untuk menjadi solusinya.

E-Market menyediakan jasa pesan antar segala kebutuhan sehari-hari. E-market menyediakan online-shop dimana pembeli bisa memilih barang kebutuhannya, kemudian membelinya secara online, kemudian agen delivery akan mengantarkan barang tersebut ke alamat pembeli. Tidak hanya itu, pembeli juga dapat mendaftarkan diri sebagai member dari e-market. Apa saja keuntungan menjadi member?

  1. Member diprioritaskan jika ada stock produk yang sedikit
  2. Member dapat mendaftarkan list kebutuhan sehari-harinya yang rutin perbulan dibeli. Nanti secara otomatis setiap bulan pembeli akan dikonfirmasi tentang list tersebut, dan jika setuju, list tersebut akan langsung dikirim ke alamat pembeli. Jadi pembeli tidak perlu memilih barang yang itu-itu saja setiap bulan.
  3. 100 member pertama mendapatkan hadiah voucher belanja sebesar Rp 1juta
  4. Member mendapatkan hadiah 1 payung cantik setelah melakukan 10x pemesanan
  5. Member mendapatkan informasi langsung dari E-market tentang promo secara rutin

Pembeli yang ingin membeli produk-produk, dapat mengunjungi situs langsung E-market, atau melalui facebook. Di situs E-market pembeli dapat langsung memilih di situs, kemudian jumlah harga barang yang dipilih akan tertera pada halaman pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit atau dengan auto debet atau dengan cara transfer. Kemudian setelah pembayaran selesai dilakukan, akan ada konfirmasi pembayaran sudah diterima. Saat konfirmasi tersebut muncul, pengiriman akan langsung dilaksanakan. Barang pesanan akan sampai di alamat tujuan paling lama 24 jam terhitung sejak konfirmasi tersebut. Jika lebih dari 24 jam barang tidak sampai, customer service di jalur telephone siap melayani komplain, dan jika komplain dapat dikonfirmasi, pembeli akan dikirimkan ulang list pesanan yang tidak sampai dan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 100,000 sebagai bentuk tanggung jawab dari E-market. Komplain dapat juga dilakukan melalui facebook atau mention melalui twitter. Di lain hal, Facebook dan Twitter juga selalu meng-update segala info tentang E-Market, dari mulai produk hingga promo.

 

Business Model of E-Market

 

SCAMPER of E-Market

 

Subtitute

Mengganti sistem pasar dimana sang pembeli harus bertemu sang penjual, menjadi sistem online, dimana pembeli tidak perlu beranjak dari tempat tinggalnya untuk melakukan transaksi dengan penjual.

 

Combine

Menggabungkan sistem belanja pasar dengan sistem online-shopping

 

Adapt

Menyesuaikan cara Online-shopping semirip mungkin dengan berbelanja ke pasar atau toko, dengan memainkan design web

 

Magnify

Memperkuat keamanan sistem pembayaran untuk lebih terpercaya, karena di Indonesia sistem pembayaran online masih belum dipercaya oleh banyak pengguna internet.

 

Put to other uses

Menjadi tempat untuk perbandingan harga, dan juga pematok harga barang-barang kebutuhan sehari-hari

 

Eliminate

Menghilangkan jarak yang biasanya ditempuh para pembeli untuk membeli barang kebutuhannya.

 

Rearrange

Melayout ulang posisi tampilan produk di web agar lebih mudah pencarian dan pemilihannya.

 

 

Muhammad Pittrawan Saputra

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: